Jumat, 16 April 2010

GOA SARAWAK

Ruang goa terbesar di dunia ditemukan pada tahun 1980 di Pulau Borneo(Kalimantan), di Asia Tenggara. Goa Sarawak Chamber yang sangat besar merupakan bagian dari jaringan goa raksasa dari batu kapur di kaki Gunung Api. Ruang tersebut cukup besar untuk menampung 23 lapangan sepak bola.

PENJELAJAHAN GOA

Pada tahun 1980, sebuah kelompok penjelajah berada di jalan pintas bawah tanah yang panjang, ketika mereka tiba di sebuah goa yang sangat besar. Goa itu sangat besar untuk diterangi lampu, dan diperlukan 12 jam untuk menjelajahi seluruh panjangnya.

MEMBUAT PETA GOA

Penjelajah goa dengan segera menyadari bahwa mereka sudah menemukan goa besar bawah tanah terbesar di dunia. Goa Sarawak Chamber panjangnya 700 m dan lebarnya kira-kira 300 m. Ketinggian langit-langit berkisar antara 70 sampai 120 m.
Sejak Goa Sarawak Chamber ditemukan , para penjelajah sudah memetakan banyak goa yang berkelok kelok lebih dari 200 km di bawah gunung. Sebuah jalan pintah bawah tanah yang panjangnya 75 km menghubungkan Goa Air Tawar dengan goa yang berkelok-kelok tersebut. Di dalam goa air tawar itu mengalir sungai kecil. Sekarang goa-goa tersebut telah dibuka untuk umum.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar