Senin, 12 September 2011

Pendakian Gunung Ciremai 3076 Mdpl Juni 2010

Sebenarnya pendakian ini adalah dalam rangka Pelantikan Senior 2 Angkatan 31 Talam 38, dimana saat itu saya masih junior, jadi ini cerita waktu saya dilantik.. hehe

Waktu itu tanggal 26 juni 2010 (kalo ga salah) saya dan saudara2 Talam 38 berkumpul di sekolah untuk packing dan pemanasan. Setelah semua telah siap, kami menuju halte SMA 38 untuk menunggu bus L*ragung untuk menuju ke Kuningan.

Sepanjang jalan ke kuningan, kami terusik dengan ada nya pedagang asongan yang hilir mudik menjajakan dagangan nya, sangat teringat oleh saya kata-kata : "mijon aqua ale2" yang berulang kali hingga nyaris membuat saya muak, di tambah dengan suhu di dalam bus yang amat panas karena penuh oleh penumpang..

Sekitar pukul 17.30 kami sampai di seberang jalan menuju linggar jati, kami memutuskan untuk mencarter angkot secara bergantian dan akhirnya sampai di warung Pak Ahmad sebagai start awal pendakian. Setelah selesai dengan urusan perijinan dan shalat isya, kami memulai pendakian pukul 19.30 .

Trek awal pendakian sudah terasa begitu berat, kami sempat beristirahat sejenak dan mengambil air di pos Cibunar lalu melanjutkan perjalanan dan akhirnya camp di pos Condang Amis 1350 mdpl. Esok pagi nya kami meneruskan perjalanan dengan target Batu Lingga 2400 mdpl. Perjalanan dari condang amis menuju batu lingga ternyata amat berat, terutama di tanjakan bin-bin dan tanjakan seruni yang minta ampun terjal nya.

Dengan termehek2 akhirnya kita sampai di pos Batu Lingga menjelang maghrib, kami memutuskan untuk mendirikan tenda dan bermalam di sini. Perjalanan kami memang sengaja di perlambat karena ini merupakan pendakian formal dalam rangka pelantikan.

Esok paginya kami menuju puncak ciremai tanpa membawa carrier, hanya membawa air minum dan sedikit snacks. Setelah melewati pos Sangga Bhuana Bawah dan Atas, kami mulai menjumpai ada nya bunga Edelweiss di kanan kiri jalur. Sungguh pemandangan yang menyejukkan hati, cukup untuk mengurangi rasa letih dan lemas ini.

Akhirnya kami sampai di puncak Ciremai pada siang hari. Perjalanan yang panjang akhirnya mencapai puncak nya.. Sayang sekali, karena ini adalah acara formal, saya tidak dapat mengambil satupun foto pada saat itu. Namun senior saya mempunyai beberapa foto yang dapat anda lihat..

Perjalanan turun kami mulai pada siang hari dimana kami sampai kembali di Condang Amis pada malam hari. Lalu terjadi lah malan "pelantikan" yang menegangkan. Keesokan paginya, dengan keadaan "senggol bacok" kami bergegas turun kembali ke Linggarjati. Sesampainya disana kami menyewa rumah rumah penduduk untuk beristirahat sebelum kembali ke jakarta keesokan paginya.

Akhirnya tanggal 30 Juni 2010 kami sampai dengan selamat di Sekolah Tercinta, SMAN 38 Jakarta. :)